CERITA ANAK BERBAHASA BELANDA DAN TERJEMAHANNYA

Assalamaualaikum.
Halo teman teman, saya hadir kembali untuk dapat menyapa temen-temen dan tentunya memberikan informasi yang diharapkan bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Namun kali ini ada yang berbeda, jika 2 postingan saya kemarin sebagian besar membahas mengenai diri saya dan pengalaman saya pribadi, kali ini saya akan mencoba memberikan contoh cerita anak berbahasa Belanda disertai dengan terjemahannya.
Tulisan ini dibuat sebagai tugas perkuliahan saya dalam mata kuliah Bahasa Belanda, Prodi Sastra Sunda, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran dan diharapkan Postingan saya kali ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari cerita anak atau suatu teks berbahasa Belanda. Berikut teksnya :

De aap en de krokodil -
Heel lang geleden werd de Bodhisattva wedergeboren op een plek in de Himalaya als het jong van een aap. Hij werd zo sterk als een olifant, met een flink karakter, groot van lijf en leden en knap om te zien. Hij richtte zich een bestaan in op een plek in het bos, in een bocht van de Ganges.
In dezelfde tijd huisde er in de Ganges een krokodil. En het geschiedde dat het wijfje van de krokodil, toen zij het lijf van de Bodhisattva zag, een ziekelijk verlangen ging koesteren naar diens hartevlees. Daarom zei ze tegen de krokodil: "Mijn heer en meester, ik wens het hartevlees van die koning der apen te eten."
"Liefje, wij huizen in het water, deze aap op het vasteland. Hoe zullen we hem te pakken krijgen?"
"Pak hem hoe dan ook. Als ik zijn hart niet krijg, zal ik sterven."
"Vooruit dan maar, wees niet bang, ik weet wel een list, ik zal je zijn hartevlees als maaltijd brengen." Zo stelde hij het krokodillenwijfje gerust.
Op het uur waarop de Bodhisattva het water van de Ganges dronk en vervolgens op de oever bleef zitten, zocht de krokodil hem op en sprak hem aldus aan: "Koning der apen, waarom wandel je maar gewoontegetrouw op deze plek, waar je zure vruchten eet? Aan de overzijde van de Ganges is er geen einde aan de zoete vruchten van manga- en broodbomen. Waarom ga je daar niet heen en grijp je de kans niet aan om velerlei vruchten te eten?"
"Krokodillenkoning, de Ganges is diep en breed. Hoe wil je dan dat ik daar kom?"
"Als je hier komt, zal ik je op m'n rug laten klimmen en je erheen brengen."

De Bodhisattva geloofde de krokodil en stemde erin toe. "Komaan dan," zei de krokodil. "Klim op mijn rug." En zo gebeurde. Maar toen de krokodil een eindje met hem gezwommen had, liet hij hem in het water onderduiken.

De Bodhisattva riep: "M'n beste, je laat me kopje onder gaan, wat is dat nu?" De krokodil bekende: "Ik ben je niet komen halen met eerlijke bedoelingen. Mijn vrouw heeft een ziekelijk verlangen naar je hartevlees, daarom wil ik haar je hart te eten geven."

"Vriend, het is goed dat je het mij vertelt. Want als ons hart in onze borst zat, zou het breken als we ons langs de toppen der boomtakken voort reppen."

"Waar laten jullie je hart dan?"

De Bodhisattva wees hem een vijgenboom die niet te ver weg stond en beladen was met trossen rijpe vruchten. "Kijk," zei hij, "onze harten hangen aan die vijgenboom."

"Als je mij je hart geeft, zal ik je niet doden."

"Hop dan, breng me erheen, ik zal je m'n hart geven dat aan de boom hangt."


Alzo deed de krokodil. De Bodhisattva nam een sprong van zijn rug en zat in de vijgenboom. "M'n beste, domme krokodil," zei hij, "je dacht dat je de harten van de apen in de boomtop zag hangen, je bent een domoor, ik heb je voor de mal gehouden. Laat er voor jou maar een ruime keuze van vruchten zijn! Je lijf is groot, maar klein is je wijsheid." En ter toelichting zei hij de volgende verzen:

"Genoeg! Beter dan die manga's, rode appels en broodvruchten
Aan de overzijde, is deze vijgenboom voor mij.
Groot waarlijk is je romp, niet in overeenstemming daarmee je wijsheid.
Krokodil, ik heb je beetgenomen. Zoek nu je heil maar elders."

De krokodil, zo ongelukkig als iemand die duizend munten heeft verloren, terneergeslagen en verteerd door berouw, droop af naar de plaats waar hij woonde.

TERJEMAHAN
Monyet dan buaya -

Dulu, Bodhisattva dilahirkan kembali di sebuah tempat di Himalaya sebagai seekor monyet. Ia menjadi sekuat gajah, dengan karakter yang kuat, tubuh yang besar dan menarik untuk dilihat.

Ia mendirikan sebuah eksistensi di suatu tempat di hutan, tepatnya di sebuah tikungan di Sungai Gangga.
Pada saat yang sama, terlihat dua ekor buaya di Sungai Gangga. Buaya tersebut bejenis kelamin jantan dan betina. Ketika buaya tersebut melihat tubuh Bodhisattva, buaya tersebut memiliki hasrat begitu dalam untuk memakan jantung Bodhisattva. Kemudian ia berkata "Tuanku, aku ingin memakan jantung raja monyet itu.” Serunya.

Sayang, kita ada di air, monyet itu di daratan, bagaimana kita akan menangkapnya?"
"Tangkap dia, jika aku tidak mendapatkan hatinya, aku akan mati."
"Silakan, jangan takut, aku tahu tipuan, aku akan membawakanmu daging jantungnya sebagai makanan.
" Begitulah cara dia meyakinkan buaya betina.
 
Pada saat Bodhisattva meminum air Sungai Gangga dan kemudian duduk di tepi sungai, buaya
 melihatnya dan memanggilnya demikian: "Raja monyet, mengapa Anda hanya berjalan di tempat ini
 di mana Anda akan memakan buah asam? "Di sisi lain Sungai Gangga, tidak ada akhir untuk buah 
manis dari pohon mangga dan roti, mengapa kamu tidak pergi ke sana dan tidak mengambil kesempatan 
untuk makan berbagai buah?"
"Raja buaya, Sungai Gangga dalam dan lebar, bagaimana Anda ingin saya datang ke sana?"
"Jika kamu datang ke sini, aku akan membiarkanmu naik ke punggungku dan membawamu ke sana."
 
Bodhisattva percaya dan menyetujuinya. "Kalau begitu, datanglah," kata buaya itu. 
"Panjat di punggungku." Dan begitulah yang terjadi. Tapi ketika buaya berenang sedikit, 
dia membiarkannya menyelam ke air.
 
Bodhisattva berseru: "Sayangku, kau membiarkanku tenggelam, apa itu sekarang?" Buaya itu mengaku:
 "Saya tidak datang untuk membawamu dengan niat jujur. Istri saya memiliki hasrat yang mendalam 
 untuk jantungmu, itulah sebabnya saya ingin memberi dia jantungmu untuk dimakan."
 
"Kawan, baiklah saya beritahu, bahwa jantungku ada didalam dadaku, dan hancur jika aku terus menyusuri 
puncak-puncak cabang pohon."
 
"Di mana kamu meninggalkan jantungmu?"
 
Bodhisattva menunjuk kepadanya pohon ara yang tidak terlalu jauh dan penuh dengan buah yang matang. 
"Dengar," katanya, "jantungku tergantung di pohon ara itu."
 
"Jika kamu memberiku jantungmu, aku tidak akan membunuhmu."
 
"Kalau begitu, bawa aku ke sana, aku akan memberimu jantungku yang tergantung di pohon."
Begitu juga buaya. Bodhisattva mengambil lompatan dari punggungnya dan duduk di pohon ara. 
"Buaya sayangku, bodoh," katanya, "kau pikir kau melihat jantung para kera di puncak pohon, kau bodoh,  
aku telah membuat kau berada di depan cetakan buah, tubuhmu luar biasa, tapi kebijaksanaanmu kecil. " 
Dan untuk penjelasannya dia mengatakan kata-kata berikut:
 
"Cukup! Lebih baik kau makan apel merah dan sukun daripada mangga itu, 
Di sisi lain, pohon ara ini untukku.
Lambungmu tidak sesuai dengan kebijaksanaanmu.
Buaya, aku membawamu. Sekarang carilah keselamatanmu di tempat lain. "
 
Buaya tidak bahagia seperti seseorang yang kehilangan seribu koin, sedih dan termakan oleh pertobatan, 
melayang ke tempat di mana dia tinggal.
 
Sumber Data :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KESALAHAN POLA ASUH ANAK YANG TERKANDUNG DIDALAM NASKAH DRAMA “SEKSA” KARYA DHIPA GALUH PURBA

Anak adalah anugerah terindah yang Tuhan titipkan kepada semua orang tua di muka bumi ini. Membesarkan anak menjadi pribadi yang berbudi...